Sabtu, 17 Maret 2012

komputer dan sistem informasi


Komputer dan Sistem Informasi, Pengenalan Perangkat Computer, Jenis-Jenis Komputer dan Sistem Input dan Output

Komputer berasal dari bahasa inggris to compute, yang berarti menghitung, karena itu ada orang yang menyebut komputer sebagai piranti menghitung, tetapi kita akan tetap menyebut komputer.
Selain menghitung, komputer juga dapat melakukan pengolahan yang sepintas lalu tampak hanya sedikit sangkut pautnya dengan menghitung. Misalnya menerjemahkan naskah, menambahkan kata atau menghilangkan kata pada naskah, mengalihkan keterangan (data), mengerjakan tata buku, mengendalikan olahan (proses), dan seterusnya.
Program sistem informasi lebih berfokus pada pengintegrasian solusi berbasis teknologi informasi dengan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan usaha-usaha lain, yang memungkinkan tercapainya tujuan sebuah organisasi dengan efektif dan efisien. Perspektif bidang ilmu ini mengandung teknologi sebagai instrument untuk mencatat, menghasilkan, mengolah serta mendistribusikan informasi. Ahli-ahli di bidang ini memiliki kemampuan untuk memetakan kebutuhan informasi sebagai organisasi, dan menentukan cara teknologi informasi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.[1]
Selain penguasaan aspek teknologi informasi, seorang pakar sistem informasi juga harus memahami prinsip-prinsip manajemen dan bisnis. Sebagai konsekuensinya, kurikulum di bidang sistem informasi juga mencakup materi mengenai kerangka bisnis dan manajemen. Di samping penguasaan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras computer, lulusan dari program ini memiliki keahlian yang sangat dibutuhkan industri saat ini, di mana pemanfaatan teknologi informasi sering menjadi kunci keunggulan sebuah organisasi. Perangkat komputer yang sudah dikenal oleh masyarakat umum sebagai berikut:
1.      Mainframe
2.      Personal Computer (PC)
3.      Computer For Server (server)]
4.      Personal Data Assistant (PDA)
5.      Mobile Computer (notebook, Laptop, Desk note)
Sebelum kita mengutak-atik komputer, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui definisi dan cara kerja komputer. Definisi umum dari komputer adalah seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik yang berguna untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat dan akurat. Komputer juga sebagai alat informasi dan komunikasi yang mampu mengolah data dan kemudian menyimpannya.
Seiring dengan bertambahnya waktu dan berkembangnya teknologi semakin banyak pula jenis komputer akan bermunculan meskipun ada berbagai jenis alat yang bisa digolongkan ke dalam komputer, umumnya orang mengartikan komputer hanya sebagai personal computer (PC).[2]
Pengolahan komputer literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tiga hal:
1.      Berdasarkan data yang diolah:
a.       Komputer Analog: komputer analog sifat penggunaannya terus menerus, datanya tidak berbentuk angka tetapi bentuk fisik dan outputnya berupa pengaturan atau pengontrolan
b.      Komputer Digital: komputer digital sifat penggunaannya terus menerus dan datanya dalam bentuk huruf dan angka.
c.       Komputer Hybrid: komputer hybrid adalah gabungan antara komputer digital dan komputer analog biasanya komputer ini hanya digunakan untuk masalah khusus Karena memiliki kemampuan yang lebih cepat dan tepat.


2.      Berdasarkan penggunaannya:
a.       Komputer untuk tujuan khusus (Special Purpose Computer)
Special purpose artinya komputer digunakan secara khusus, misalnya sebagai server dan PC router.
b.      Komputer untuk tujuan umum (General Purpose Computer)
General purpose artinya komputer digunakan secara umum, misalnya untuk pengolahan grafis dan multimedia, pengelolaan data base, serta pengelolaan program.
3.      Berdasarkan kapasitasnya dan ukurannya:
a.       Komputer Mikro (Micro Computer)
b.      Komputer Mini (Mini Computer)
c.       Komputer Kecil (Small Computer)
d.      Komputer Menengah (Medium Computer)
e.       Komputer Besar (Large Computer)
f.       Komputer Super (Super Computer)
Perangkat keras dan perangkat lunak, sebagai sub sistem komputer juga mempunyai komponen yaitu:
1.      Komponen Alat Masukan (input device)
Alat masukan (input device) adalah alat yang digunakan untuk menerima masukan yang dapat berupa masukan program, beberapa alat masukan mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai alat masukan dan sekaligus alat keluaran untuk menampilkan hasil. Alat input dan output demikian disebut terminal.
Alat masukan dapat digolongkan ke dalam beberapa golongan yaitu:
a.       Keyboard
b.      Lighten pen
c.       Track ball
d.      Mouse
e.       Scanner
f.       Barcode ward
g.      Floppy disk drive
h.      Pointing device
i.        Digital camera
j.        Optical data reader
k.      Mic
l.        CD-Rom
m.    Digitizer graphic tablet
2.      Alat pemeroses (processing device)
Terdiri dari CPU (Central Processing Unit) atau processor yang didukung oleh mother board dan dibantu oleh komponen yang ada di dalam mother board tersebut.
3.      Alat keluaran (output device)
a.       Printer
b.      Speaker
c.       Monitor
d.      Plotter
e.       CD-RW
f.       DVD-RW
g.      Floppy Disk Drive
4.      Alat simpan luar (storage)
a.       Hard disk
b.      Disket
c.       Flash memory
d.      Thumb disk.[3]



[1] A.J. Dirhsen, Mikro Komputer, Bandung: Angkasa, 1986 cet. Ke-10
[2] http://Bloggerfikrilogd.blogspot.com
[3] Ahmad Yani, Panduan Menjadi Komputer, (Jakarta: Karya Putra, 2000), cet. Ke-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar